Perbedaan Menggabungkan Dua Akun Blog Menjadi Satu Akun Blog dengan Merge Blog - Bro Christo

Blognya Blogger Pemula

Responsive Ads Here
Responsive Ads Here

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday, September 10, 2017

Perbedaan Menggabungkan Dua Akun Blog Menjadi Satu Akun Blog dengan Merge Blog

Postingan ini merupakan kesimpulan saya, setelah sekian lama belajar ngeblog dan saya rasa masih banyak kekurangan dari informasi yang saya dapat. Tapi sebagai blogger yang ingin maju (SEMANGAT), saya memberanikan diri untuk menulis postingan mengenai perbedaan menggabungkan dua akun blog menjadi satu dengan merge blog. Bila ada kesalahan silahkan untuk dikoreksi. Terima kasih.

Banyak Blogger termasuk saya “blogger : mode on ;)” mengelola lebih dari satu blog, dengan motivasi yang berbeda-beda. Bagi blogger-blogger master sekalipun, mengelola beberapa blog bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi blogger pemula yang masih belum faham betul dalam hal mengelola beberapa akun atau bahkan beberapa blog, mungkin akan mengalami kesulitan.

Pada postingan kali ini, saya akan menyampaikan perbedaan antara Menggabungkan akun blog dengan Merge blog. Pada postingan berikutnya saya akan menyampaikan cara untuk menggabungkan dua akun blog menjadi satu akun.



Akun blog merupakan akun email yang didaftarkan pada blog untuk login ke blog. Bila menggunakan beberapa akun email, otomatis bila akan login ke blog yang lain, kita harus  login dengan akun email yang lain. Sungguh hal yang merepotkan.

Biasanya tema (niche) dari beberapa blog yang dikelola berbeda, karena itu dibuatlah dua blog atau lebih agar konsistensi niche tetap terjaga. Yang sulit adalah menjaga konsistensi niche blog bila kita kehabisan ide dalam menulis, sehingga memutuskan membuat blog baru dengan niche yang berbeda, begitu seterusnya. Namun terkadang sebagai blogger pemula, kita tidak tahu langkah yang lebih praktis untuk pembuatan blog baru. Jadi muncullah blog-blog baru dengan akun email yang baru pula dengan satu orang yang mengelola. 

Hal tersebut dapat menyulitkan kita sendiri karena harus berpindah-pindah akun untuk mengelola masing-masing blog tersebut. Pada akhirnya beberapa blog jadi terbengkalai karena faktor malas, kehabisan ide, atau bahkan lupa akun sendiri.

Sebelum hal-hal itu terjadi, ada baiknya untuk menggabung semua blog tersebut dalam satu blog saja atau menggabungkan akun blog yang sudah terlanjur banyak menjadi satu saja agar lebih mudah untuk dipantau dan di kelola. Ada beberapa cara untuk menggabungkan blog-blog tersebut, tergantung yang mana dirasa lebih mudah oleh blogger-blogger itu sendiri.

Selain itu, seandainya salah satu blog sudah menggunakan TLD dan disetujui oleh pihak google adsense, maka ada keuntungan dalam pengelolaan iklan pada blog-blog yang tergabung dalam satu akun.

Berikut saya sampaikan perbedaan antara merge blog dan gabung akun blog.

Merge blog
Gabung akun blog
Dua buah blog menjadi satu
Dua buah blog tetap dua buah blog
Semua data dan postingan tergabung dalam satu blog
Data dan Postingan blog tetap berada pada masing-masing blog
Niche blog bisa jadi berubah menjadi gado-gado

Niche blog tetap konsisten untuk masing-masing blog
Klik Iklan yang seharusnya bisa diperoleh dari 2 blog menjadi hanya dari 1 blog saja
Nilai klik iklan tetap diperoleh dari dua buah blog
Login menggunakan satu akun
Login menggunakan satu akun
Visitor tergabung dalam satu blog
Visitor bisa bertambah pada masing-masing blog
Postingan pada blog pertama perlu di hapus atau dijadikan draft
Tidak perlu ada perubahan data postingan pada masing-masing blog
Lebih banyak visitor unik
Lebih banyak visitor tetap

Saya sendiri lebih menyukai untuk menggabung akun blog saja, karena saya tetap dapat mengelola beberapa blog hanya dalam satu akun, selain itu niche masing-masing blog tidak ada yang berubah. Menurut saya, blog dengan niche yang khusus lebih baik dari pada blog dengan isi yang bercampur. 

Sekian postingan saya mengenai perbedaan antara menggabung dua akun blog dengan merge blog. Sobat bisa memilih yang mana dirasa lebih mudah untuk dikelola. Di luar sana bisa saja ada blogger yang berpendapat berbeda dengan saya. Saya mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan dalam postingan ini, bila ada yang mau koreksi, saya dengan senang hati menerimanya.



No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan. Anda sopan kamipun segan

Post Top Ad

Your Ad Spot